Update Schema.org Karena Data-vocabulary.org Schema Deprecated

Update Schema.org Karena Data-vocabulary.org Schema Deprecated. - Setelah sekian lama vakum dalam dunia blogging, akhirnya februari 2020 memulai kembali ke dunia blog untuk belajar produktif menulis dan mengarsipkan beberapa pengalaman dalam dunia internet, website, blogging dan lain-lain yang mudah-mudahan bisa bermanfaat buat orang lain.


Melihat teman-teman di grup pada migrasi dari blogspot ke CMS wordpress self hosted (bukan wordpress.com), tidak halnya dengan admin reload.id malah migrasi dari wordpress ke blogspot :D. saat itu karena lagi tidak ada biaya untuk perpanjang hosting untuk beberapa web blog pulsa yang saya kelola, sehingga akhirnya migrasi dari wordpress ke blogspot, dan terakhir reload.id pun migrasi pada februari 2020.

Dalam perjalanannya untuk blog pulsa saya menggunakan satu template pulsa andalan SEO Elite (Premium) dari bamz.co.id yang sudah di modifikasi. Namun, karena terlalu lama vakum dan templatenya tidak update serta ada beberapa update dari google, maka ada beberapa pemberitahuan soal Data-vocabulary.org Schema Deprecated di google search console untuk memperbaikinya menjadi fixed sesuai arahan google.

Pesan error Data-vocabulary.org Schema Deprecated itu ternyata ada pada bagian breadcrumb, maka untuk menjadikannya fixed saya hanya update breadcrumb yang telah mendukung schema.org berikut langkahnya:

1. Masuk dashbord blogger
2. Pilih menu Theme dan Edit HTML
3. Lakukan Search: dengan menekan CTRL+F pada editor EDIT HTML untuk kode berikut :
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'>
4. Copy kode dibawah ini :


[code]<b:includable id='breadcrumb' var='posts'> <b:if cond='data:view.isPost'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> <b:if cond='data:post.labels'> <b:loop index='nomor' values='data:post.labels' var='label'> &#8250; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:nomor+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:label.url + &quot;?&amp;max-results=8&quot;' expr:title='data:label.name' itemprop='item' rel='nofollow'> <span itemprop='name'><data:label.name/></span> </a> </span> </b:loop> <b:else/> &#8250; <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </b:if> </div> </b:loop> <b:elseif cond='data:view.isPage'/> <div class='breadcrumbs' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/BreadcrumbList'> <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='item' title='Home'> <meta content='1' itemprop='position'/> <span itemprop='name'><b:switch var='data:blog.locale'><b:case value='id'/>Beranda<b:default/>Home</b:switch></span></a> </span> &#8250; <span itemprop='itemListElement' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ListItem'> <meta expr:content='data:num+2' itemprop='position'/> <a expr:href='data:blog.url' expr:title='data:post.url' itemprop='item'> <span itemprop='name'><data:blog.pageName/></span> </a> </span> </div> </b:if> </b:includable>[/code]
4. Setelah ditemukan maka cukup paste dan ganti semua dari <b:includable id='breadcrumb' var='posts'> sampai </b:includable> dengan kode di atas.

 5. Save theme untuk simpan perubahan.

Setelah melakukan beberapa langkah diatas kita bisa cek di https://search.google.com/structured-data/testing-tool atau di https://search.google.com/test/rich-results untuk mengecek apakah masih ada pesan error yang harus diperbaiki, usahakan untuk tidak ada error atau 0 error.

BreadcrumbList, Review, Blog 0 ERROR :)
Nah itulah teman-teman akhirnya setelah Update Schema.org Karena Data-vocabulary.org Schema Deprecated tidak ada lagi pesan error di google search console. dan just info terakhir reload.id juga mengganti template menggunakan Viomagz dari mas sugeng. tapi untuk beberapa web blog pulsa masih ada yang menggunakan SEO Elite (Premium) dari bamz.co.id.

Jika teman-teman ada yang mengalami kasus yang sama, dan masih mendapati pesan error, silahkan diskusikan di kolom komentar yah ! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel