Membuat Auto Connect Modem USB GSM 3G Saat Startup Windows

Membuat Autoconnect Modem USB GSM Saat Startup Windows | www.reload.id - Hari gini masih ada yang pakai Modem USB GSM 3G ? jawabnya masih ada. salah satunya yaitu admin reload.id :D 

Jadi begini ceritanya, terkadang kita yang masih perlu menggunakan alat-alat jadul untuk praktek suatu tutorial, atau hanya sekedar hobi dan lainnya. disini admin reload.id pun masih menggunakan Modem USB 3G GSM untuk kebutuhan praktek tutorial diantaranya yaitu mencoba install software pulsa otomax. dimana Modem USB 3G ini digunakan sebagai dongle untuk chip transaksi di software tersebut. dan juga untuk praktek buat tutorial postingan artikel yang sedang dibaca ini.

Paragrah diatas hanyalah sebuah intermezzo sebagai pembuka artikel :)

Pada postingan artikel kali ini admin mau share cara Membuat Autoconnect Modem USB GSM 3G Saat Startup Windows, jadi ketika Windows kita melakukan booting maka akan otomatis USB Modem 3G ini connect ke internet.

Untuk modem-modem keluaran terbaru yang sudah mendukung Wifi yang biasa disebut Mifi (Modem Wifi) dan Wingle (Wifi Dongle) biasanya sudah otomatis langsung connect setiap kita menghubungkan perangkat ke komputer melalui port USB. Namun, untuk beberapa Modem USB 3G banyak yang tidak otomatis terhubung ke Internet, harus menggunakan Mobile Partner untuk kasus admin menggunakan modem Huawei E1752  maka disini kita akan menggunakan beberapa command CMD yang nanti kita akan jadikan Batch File.

Berikut langkah-langkah untuk Membuat Auto Connect Modem USB :

1. Pastikan kita pernah membuat Profil untuk Mobile Partner untuk koneksi modem kita.

2. Pada gambar diatas admin reload.id memberi nama Internet untuk profil koneksi modem usb yang akan muncul pada halaman View Network Connections pada Windows 7 / Windows 10.

3. Untuk menghubungkan internet secara otomatis setiap startup windows. kita buka notepad dan kita tulis kode berikut :

[code]@echo off
REM Created by Reload.ID
REM Make sure you have your 3G Modem connected
rasdial "Internet"[/code]

pada kode diatas Internet adalah nama profil internet yang telah kita buat. kalau kita buat dengan nama lain tinggal disesuaikan.

4. Save file dengan nama bebas dengan extensi .bat dan save as Type = All Files.

5. kita copykan file rasdial.bat ke folder startup Windows C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup agar dijalan otomatis setiap startup windows.

Sebagai tambahan kita bisa mengubah / convert file bat tadi menjadi file exe seperti yang admin buat bisa didownload langsung di channel telegram dibawah ini :

Itulah cara Membuat Autoconnect Modem USB GSM 3G Huawei Saat Startup pada Windows yang telah dicoba pada Windows 7 dan Windows 10.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel