Cara Unlock Modem Bolt Orion MV1 V22 dan Bolt Aquila Slim BL1

Cara Unlock Modem Bolt Orion MV1 V22 dan Bolt Aquila Slim BL1 | www.reload.id - Di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana orang banyak beraktifitas hanya di rumah saja, sehingga sekolah online daring via zoom, meeting work from home, berbisnis online berjualan di marketplace menjadi suatu kegiatan yang tidak asing maka kebutuhan penggunaan internet yang stabil menjadi satu kebutuhan yang primer dan tidak dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah berjayanya era 4G di zaman Bolt dan berakhir dengan penutupan perusahaannya, banyak modem-modem bolt yang tidak terpakai karena tidak bisa menggunakan kartu operator lain yakni statusnya masih device locked hanya untuk kartu Bolt saja. Salah satunya yaitu modem Bolt Orion MV1 dan Bolt Aquila BL1 yang akan kita unlock supaya bisa menggunakan operator lain.

Untuk alasan kegiatan online tersebut diatas kita bisa memanfaatkan modem yang mungkin sudah bertahun-tahun tidak terpakai supaya lebih bermanfaat dan bisa digunakan kembali untuk belajar online, kerja di rumah, bid ojek online, bahkan hanya sekedar untuk internet murah sekeluarga di rumah.

Firmware Modem Bolt Orion MV1 & Aquila BL1

Modem BOLT MV1 atau yang biasa disebut Orion MoviMax terdapat 2 versi firmware yaitu V016 dan V022, yang mana untuk cara unlock V16 sangat mudah dengan update firmware mod terbaru bahkan bisa open band 4G B1, B3, B8 yang firmwarenya tersedia di Open Market (contohnya : toolbox.my.id). masalahnya adalah untuk Bolt Orion MV1 V22 tidak bisa update firmware karena tidak bisa masuk ke mode Download di SWDownloader.exe

Begitupun untuk Modem BOLT BL1 Aquila terdapat 2 Versi yaitu Versi Max Baterai 3000mAh dan Slim batre 1500mAh. Untuk versi Slim tidak bisa di upgrade menggunakan firmware bolt resmi aquila-software.zip BL1Upgrade.exe dan juga tidak bisa masuk mode download di SWDownloader

Cara Unlock Bolt Orion MV1 V22 dan Aquila BL1 Slim

Meskipun Orion MV1 dan BL1 ini menggunakan chipset Marvell / Movimax atau yang lebih di kenal Marvell M022 LED/Marvell M022T LCD dengan board L02C M028T/M023T, satu hal yang unik pada kenyataannya kita bisa mengunlock menggunakan Huawei Toolbox by urz kaskus dengan mengetikan beberapa baris AT Command di kolom CMD Terminal.

Berikut langkah-langkah untuk unlock bolt orion mv1 v22 dan aquila bl1 slim :

2. Install Driver yang sudah tersedia pada CD Drive Modem atau alternative bisa menggunakan WTP Tools Driver.
3. Nyalakan Wifi dalam keadaan Normal
4. Sambungkan / Colok via Kabel USB ke Komputer
5. Jalankan aplikasi Huawei Toolbox v1.0.8a Free Edition.exe yang sudah kita download.
6. Pada Bagian COM akan terdeteksi Marvell Serial Port (COMxx)
7. Klik Refresh lalu klik CONNECT maka akan muncul pesan misal seperti berikut :
Marvell Serial Port (COM12) connected!
AT^CURC=0
ERROR

8. Jika sudah connected, maka ketikan AT Command Berikut pada kolom CMD :

AT*MRD_MEPPLMN=D
AT*MRD_IMEI=D
AT*MRD_IMEI=W,0101,12NOV2010,IMEIKAMU
AT*MRD_IMEI=R
AT+RESET


Keterangan : 
  • Baris pertama itu adalah kode unlocknya.
  • Empat baris pertama menggunakan bintang *
  • baris kedua itu untuk menghapus imei D = Delete
  • baris ketiga untuk menulis imei W = Write, ganti tulisan IMEIKAMU dengan imei bawaan modem atau Imei HP supaya bisa paket smartfren unlimitted
  • baris keempat untuk melihat imei R=Read
  • AT+RESET menggunakan Plus/Tambah untuk restart modem.
Jika COM Marvell Serial Port tidak terdeteksi bisa jadi karena Driver Belum terinstall dengan baik, ada Modem Huawei / USB lain yang terhubung yang bentrok. disarankan untuk tidak mencolokan modem/usb yang lain.
Maka status modem kamu saat ini sudah unlock permanen anti reset dan anti restart dan bisa digunakan untuk operator lain. untuk Modem bolt orion bisa semua operator 3G selain Tsel Smartfren dan mendukung 4G di Frekuensi 2300mhz (Band 40) hanya untuk Telkomsel Smartfren. untuk modem bolt aquila slim hanya bisa 4G Telkomsel Smartfren tidak bisa menggunakan operator lain.

Cara diataspun berlaku untuk modem Orion MV1 V16 dan Bolt Aquila Max, hanya saja cara yang terbaik untuk versi ini adalah dengan update firmware ke firmware mode terbaru yang lebih stabil dan tetap menambahkan kode AT Command diatas untuk membuka PH NET PIN dan mengganti IMEI tanpa perlu menggunakan Mifitool. untuk Orion V16 open band 4G B1, B3, B8 dan Aquila Max Firmware Airtel Vida M1 M2 / Vodafone Uganda Mod terbaru akan kita share di artikel berikutnya.

Follow channel telegram Unlock Modem by reload.id di telegram untuk mendapatkan info terupdate dan arsip file firmware lainnya.

Tunggu seri tutorial unlock modem lainnya, karena memang masih banyak draft yang perlu diselesaikan berhubung begitu malasnya admin reload.id ini untuk menulis jadi harus satu satu biar aku sayang ibu :)

Itulah Cara Unlock Modem Bolt Orion MV1 V22 dan Bolt Aquila Slim BL1 yang mudah-mudahan bermanfaat untuk sobat opreker modem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel