Merubah Firmware Modem Huawei E3276 Menjadi Mobile Partner

Merubah Firmware Modem Huawei E3276 Menjadi Mobile Partner | reload.id - Dalam dunia permodeman, merek Huawei emang rajanya karena sudah teruji untuk kualitas dan kestabilannya sebagai penyambung hidup internet kepada kehidupan manusia.

Setelah beberapa waktu yang lalu admin reload.id share Cara Setting Router ZTE F609 Koneksi Internet Dari Modem USB GSM menggunakan Modem USB 4G ZTE MF825A, kali ini admin mau share cara supaya Modem Huawei E3276 bisa digunakan di Router ZTE F609 dll.

Baca Juga :

Yaitu, dengan Merubah Firmware Modem Huawei E3276 Menjadi Mobile Partner. Jadi, pada beberapa modem Huawei terdapat 2 metode dial yang populer diantaranya Mopat (Mobile Partner) dan Hilink (HiSilicon atau Huawei Link).

Apa itu Mopat dan HiLink ?

Mobile Partner atau yang disingkat Mopat itu metode dial manual menggunakan software yang harus di install pada PC Windows atau Linux bisa menggunakan Modem Manager GUI.

Mopat Mobile Partner Huawei
Tampilan Mobile Partner (non hilink)


Hilink (HiSilicon atau Huawei Link) metode dial otomatis dimana tanpa perlu Install Software seperti mopat, untuk pengaturannya bisa dilakukan melalui WEBUI dengan mengakses IP Address pada browser. dan juga untuk yang terhubung via WiFi menggunakan Huawei Hilink APK.

tampilan-webui-huawei-hilink-mod-e3276
Tampilan Webui Hilink

Beberapa modem Huawei ada yang bisa Mobile Partner saja atau juga yang bisa Hilink saja. dan ada juga yang bisa keduanya seperti Modem E3276, E3372, E5372, dll.

Firmware modem hi-link Huawei dimulai dari seri awalan 22, di mana firmware dongle normal Huawei dimulai dengan awalan 21. Beberapa pengguna lebih menyukai modem versi hi-link Huawei, dan pada saat yang sama beberapa pengguna tidak senang dengan modem Hi-link, dan beberapa Pengguna hi-link Huawei ingin mengonversi modem Hi-link mereka ke modem normal / mobile partner.

Untuk beberapa modem seperti modem Huawei E303 dan Huawei E3131 bisa langsung ubah Mode dari Hi-link ke keadaan normal, dengan cara buka browser dan ketik yang berikut (pastikan koneksi otomatis ke internet dinonaktifkan):


Sekarang modem Anda akan terputus dan beralih ke port serial. Sekarang perangkat baru akan muncul di pengelola perangkat.

Untuk mengaktifkan mode GSM untuk menjalankan perintah berikut menggunakan DC Unlocker atau Huawei Toolbox:

AT^U2DIAG=0

Untuk beralih kembali ke Hi-Link, jalankan kode berikut:

AT^U2DIAG=119

Lepaskan modem dan pasang kembali agar berfungsi.

Untuk mengeluarkan perintah AT ke dalam perangkat lunak DC-Unlocker (Lihat artikel ini).

Anda dapat menggunakan perintah yang sama untuk mengalihkan Hi-Link Huawei E3276 ke mode model normal. Hanya saja pada firmware Open Band 1/8/40 perintah at command ini tidak bekerja pada modem hi-link Huawei E3276. maka dari itu untuk menggunakan E3276 ini pada router ZTE F609 terpaksa harus downgrade firmware jadi Mobile Partner.

Firmware Modem Huawei E3276 versi Mobile Partner

Perlu diketahui Sebagian besar modem E3276 versi Jadul (Jaman Dulu) membawa Mobile Partner sebagai protocol bawaannya. namun, untuk modem yang sudah di MOD (modifikasi) secara software biasanya menggunakan protocol HiLink sebagai jalur koneksinya dan bisa 4G Semua Operator di frekuensi 900/2100/2300 mhz .

Kekurangan Firmware Modem Huawei E3276s-920 yang beredar di Indonesia versi Mobile Partner hanya support jaringan 4G di frekuensi 2300mhz (Band 40) untuk operator Telkomsel dan Smartfren saja. untuk operator lainnya hanya bisa berjalan pada jaringan 3G.

Nah, jika saat ini modem Huawei E3276 kamu sudah hilink, tapi ingin merubahnya menjadi Mobile Partner untuk dipasang di router ZTE F609, pahami kekurangannya. dan pastikan lokasimu support 4G di frekuensi tersebut.

Merubah Firmware Modem Huawei E3276 Menjadi Mobile Partner bisa dikatakan sebagai langkah Downgrade firmware, karena versi Hilink adalah teknologi terbaru dan bisa dimulti platform.

Berikut Cara Merubah Firmware Modem Huawei E3276 Menjadi Mobile Partner :


Langkah-langkahnya :

1. Jalankan file Firmware E3276Update_21.260.05.00.609.exe untuk menginstall Firmware.
2. Setelah selesai jalankan file UTPS23.009.09.00.609_MAC23.009.09.00.609.exe untuk memasang dashboard mode Mobile Partner.

Jangan kebalik, kalau kebalik nanti menyebabkan modem tidak dapat terhubung ke internet. dan untuk memperbaikinya perlu di bongkar menggunakan methode short boot pin dengan Balong USB Downloader.

Ok cukup sekian info cara  Merubah Firmware Modem Huawei E3276 Menjadi Mobile Partner agar bisa digunakan di modem router zte f609.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel