MaterialFox, Tema Firefox Material Design dengan userChrome.css

Tema Firefox Material Design dengan userChrome.css. Mozilla Firefox adalah salah satu browser terpopuler nomor kedua setelah Google Chrome yang paling banyak dipakai menurut Wikipedia untuk Desktop/laptop browser statistics. Admin sendiri dari zaman kerja menjadi operator warnet sampai sekarang lebih banyak menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser andalan untuk browsing di internet dibanding Chrome yang digunakan hanya untuk aktifitas tertentu saja.

Salah satu keunggulan firefox adalah tersedianya berbagai addons dan themes yang bisa kita pakai sesuai keinginan kita. Pada artikel blog kali ini admin mau share tentang MaterialFox Tema Firefox Material Design dengan userChrome.css, yaitu untuk merubah tampilan Firefox dengan gaya Material Design menggunakan userChrome.Css supaya terlihat seperti Google Chrome UI.


github.com/muckSponge/MaterialFox

Terinspirasi oleh gaya Material Desain Google dan Google Chrome UI terbaru, tema ini mengubah Firefox Anda menjadi browser web bergaya Material. Tujuannya adalah untuk memberi gaya browser semaksimal mungkin seperti Google Chrome terbaru.

Ini adalah tema userChrome.css, Anda harus menambahkannya secara manual ke profil Firefox Anda. Tema ini menimpa tema dari browser. Saat ini, hanya UI utama yang terpengaruh (halaman pengaturan, dll. Tidak). Elemen UI lainnya mungkin ditata di masa mendatang.

Merubah tampilan Firefox dengan MaterialFox


Berikut langkah-langkah untuk menerapkan tema MaterialFox :
1. Download Tema MaterialFox
2. Copy folder chrome dari file zip yang kita download ke folder Profile Firefox milik kita. untuk mengetahuinya kita ketikan about:support pada addressbar.
Profile Directory Firefox

3. Klik Open Directory lalu paste folder chrome yang telah kita copy.
4. ketik pada addressbar firefox about:config lalu klik Accept the Risk and Continue untuk melanjutkan.
5. Lakukan pencarian untuk toolkit.legacyUserProfileCustomizations.stylesheets dan klik icon Toggle atau klik ganda untuk ubah nilainya menjadi true.
6. Lakukan pencarian untuk svg.context-properties.content.enabled dan ubah nilainnya menjadi true.
7. Restart Firefox

Settingan Tambahan Gaya Ala Google Chrome

Menambahkan space / jarak pada tab bar :
  • Klik kanan padatoolbar -> Customize.
  • Checklist untuj Drag Space checkbox.
Pin Tab ala Chrome :
buka about:config ubah nilai browser.tabs.tabClipWidth menjadi 83.

Tab menyusut jika kebanyakan :
buka about:config copas materialFox.reduceTabOverflow klik tombol + untuk menambahkan entry baru tipe booelan dengan nilai true.

Gaya Chrome tulisan "Not Secure" pada HTTP:
buka about:config ubah nilai security.insecure_connection_text.enabled menjadi  true.



Untuk tema materialfox ini sudah admin tes pada Firefox versi 75 terbaru  di Linux Ubuntu 18.04 dan Windows 7. dengan tema ini menjadikan firefox lebih ringan dan ramping. bisa buktikan dan bandingkan aja sob :D

Itulah artikel tentang MaterialFox Tema Firefox Material Design dengan userChrome.css, mudah-mudahan kiranya bermanfaat. jika ada kendala atau tambahan bisa sobat sampaikan pada kolom komentar. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel