Cara Mengganti IMEI Modem Bolt Hydra MF910 via Putty AT Command

www.reload.id | Cara Mengganti IMEI Modem Bolt Hydra MF910 via Putty AT Command - International Mobile Equipment Identity atau yang biasa disebut IMEI adalah identitas unik yang dimiliki tiap-tiap device elektronik yang berhubungan dengan simcard untuk terhubung dijaringan selular operator tertentu. dengan IMEI ini, operator selular bisa mengatur paket dan layanan yang dibuat khusus untuk imei tertentu seperti paket unlimitted dan lain-lain. 

Bahkan dengan imei ini operator dapat memblokir aktifitas jaringan handphone kita yang terjadi belakang-belakangan di tahun 2020-2021 ini banyak gadget handphone, modem yang menggunakan imei-imei yang tidak terdaftar di kemenperin kena blokir oleh operator karena imei yang tidak terdaftar di web imei.kemenperin.go.id bisa jadi terindikasi produk elektronik black market.

Pada postingan kali ini kita akan share cara ganti imei bawaan modem bolt hydra mf910 dengan imei handphone kita tentunya yang terdaftar di web resmi kemenperin. Dengan mengganti IMEI pada modem kita, maka modem kita bisa menggunakan paket Internet 4G Unlimitted Smartfren yang dikhususkan untuk pengguna handphone saja.

DISARANKAN GANTI IMEI INI HANYA UNTUK PENGGUNAAN PRIBADI BUKAN KOMERSIL YANG DIGUNAKAN MASAL UNTUK DEVICE HP ATAU MODEM. DIKHAWATIRKAN AKAN KENA BLOKIR IMEI.

DWYOR adalah singkatan dari kalimat Do With Your Own Risk. :) hanya untuk professional atau yang ingin belajar ngoprek.

Cara Ganti Imei Modem Bolt Hydra via AT Command :

 Download Tool alat-alatnya :

  1. Putty
  2. Driver PST

Langkah-langkah ganti Imei :

1. Install Driver PST

2. Colok modem bolt ke usb computer lalu login ke halaman webui bolt di alamat http://192.168.1.1

3. Masuk Debug Mode klik link ini http://192.168.8.1/goform/goform_set_cmd_process?goformId=SET_DEVICE_MODE&debug_enable=1 maka akan muncul tulisan successfully seperti berikut.

4. Catat Imei bawaan bolt sebagai backup lihat di bagian belakang modem

5. Jika belum terpasang driver zte mf910 maka Pada device manager akan muncul 3 port dengan tanda seru yang artinya belum terinstall driver untuk device tersebut seperti gambar dibawah ini.


 7. Install Driver dengan cara klik kanan pada driver USB-LOG dan USB-AT lalu klik Update Driver dan Pilih opsi Browse my computer for driver software, lalu arahkan ke folder driver seperti gambar berikut.


8. Setelah sukses update driver, kita langsung buka aplikasi Putty.exe dan lihat pada device manager Com port AT Interface dari mf910 yang muncul di komputer kita. contoh seperti gambar dibawah ini berada pada COM18. masukan Nilai Port pada Serial Line, dan pilih Serial pada Connection type, lalu klik Open.

9. Tanda putty berhasil terkoneksi dengan modem dengan cara ketik "at" tanpa tanda kutip lalu enter. Pada putty tidak akan terlihat teks yang kita ketik.

10. Ketik at^modimei=imeibaru contoh : at^modimei=869485020000728 (WAJIB DIKETIK, tidak boleh dicopy paste). lalu enter maka akan ada reply OK


 
11. Untuk melihat apakah imei sudah berubah atau belum ketik : AT^READIMEI

Itulah langkah-langkah Cara Mengganti IMEI Modem Bolt Hydra MF910 via Putty AT Command, semoga bermanfaat yah. oiya ada sedikit bocoran telah tersebar firmware mf910 4G band di jagat youtube. kalau Modem Bolt Hydra atau ZTE MF910 ini ternyata bisa unlock all operator 4G Telkomsel, Smartfren, Indosat, XL Axis dan Tri Lho dan salah satu langkahnya wajib untuk ganti imei terlebih dahulu.

Beberapa pilihan AT Command untuk mengaktifkan 4G Band bisa dicoba ketifkan 4G Band dengan AT Command lewat Putty.exe

  • 4G B1 Only
    at+zlteband=1,0,0,0,0,0,0,0
  • 4G B3 Only
    at+zlteband=4,0,0,0,0,0,0,0
  • 4G B5 Only
    at+zlteband=4,0,0,0,0,0,0,0
  • 4G B8 Only
    at+zlteband=4,0,0,0,0,0,0,0
  • 4G B40 Only
    at+zlteband=4,0,0,0,0,0,0,0
  • 4G B1, B8, B40 Only
    at+zlteband=4,0,0,0,0,0,0,0

Untuk saat ini di web reload.id hanya tersedia unlock untuk band 40 atau frekuensi 2300 yang mendukung jaringan 4G hanya untuk Smartfren dan Telkomsel. 

Sumber : Forum Kaskus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel