Cara Setting Router ZTE F609 Koneksi Internet Dari Modem USB GSM

Cara Setting Router ZTE F609 Koneksi Internet Dari Modem USB GSM | reload.id - Pada era digital saat ini, kebutuhan internet rumahan bisa didapatkan dengan harga terjangkau, bahkan provider flat merah Telkomsel pun mengeluarkan Modem Router Orbit sebagai modem wifi rumahan dengan harga paket internet yang bersaing dan menjadi alternatif bagi yang kesulitan untuk memasang internet Indihome dirumah.


Ngomong-ngomong indihome, kali ini reload.id mau share Cara Setting Router ZTE F609 (bekas Indihome) menggunakan Koneksi Internet Dari Modem USB GSM untuk internet murah rumahan dengan barang yang mungkin sebelumnya tidak terpakai.

Router ZTE F609 ada beberapa versi mulai dari V1, V2 dan V3, yang mana ZTE F609 V3 ini termasuk salah satu router yang adem (tidak panas) sehingga banyak dicari karena kehandalan dan kestabilannya sebagai alat wifi router internet. 

ZTE F609 ini terdapat port (colokan) USB yang berfungsi sebagai file sharing via FTP, sharing printer dan juga bisa dijadikan sebagai sumber internet utama maupun backup menggunakan Modem USB GSM. nah, untuk bisa menggunakan sumber internet di router f609 ini maka perlu dilakukan beberapa pengaturan yang akan kita bahas dibawah ini.

Reset Router ZTE F609

Sebelum melakukan pengaturan untuk internet menggunakan Modem USB, baiknya kita reset terlebih dahulu router ZTE F609 dengan cara menekan tombol reset yang ada pada fisik router.



Dalam posisi nyala colok dan tahan tombol reset pada modem router ZTE 609 sekitar 6-10 detik. maka lampu indikator akan berkedip dan router akan reboot.

Setting ZTE F609 Koneksi Internet Dari Modem USB GSM

Sebelum melakukan pengaturan pada router ZTE F609 untuk Modem GSM 4G maka disiapkan tentunya Sebuah Modem GSM disini kita bisa memakai memakai Modem GSM Huawei E3276s-920 (versi Mobile Partner) atau ZTE MF825A (Mode Dial).

Baca Juga :
Berikut langkah-langkah setting modem f609 untuk koneksi internet dari modem GSM  : 
  • Pertama silahkan buka aplikasi Browser dan ketikan ip address default dari router ZTE F609 yaitu "192.168.1.1" untuk masuk ke halaman pengaturan web config ztef609.


  • Masukan Password Admin Super User ONT / modem F609 agar bisa melakukan pengaturan terhadap sistem router F609 ini :


  • Ada beberapa user dan password admin untuk router ZTE F609 bekas indihome ini, diantaranya :
    =====
    Username : admin 
    Password : Telkomdso123
    =====
    Username : admin
    Password : Pq@54r!e8ow&q#u
    =====

    Jika masih gagal untuk user admin dan password lainnya bisa cari di google.

  • Silahkan Colok Modem USB pada router kemudian kembali ke Web Config pilih Menu Status -> Network Interface -> Mobile Network, maka akan muncul info Sinyal, Imei, dan Dongle Type.


  • pastikan IMEI dan Signal sudah terbaca, jika belum coba klik tombol Refresh. jika modem tetap tidak terdeteksi di ZTE F609, kemungkinan modem tidak support untuk router F609.
  • Setelah dipastikan Modem sudah terbaca klik Menu Network --> WAN --> 3G/4G WAN CONNECTION, Setelah masuk silahkan isi menyerupai gambar dibawah ini :


  • bila provider internet GSM anda mengharuskan memakai username dan password silahkan diisi pada kolom username dan password. setelah itu silahkan tekan "Create"
  • kembali lagi ke Menu Status --> Network Interface --> 3G/4G WAN CONNECTION


    Bila status IP dan DNS bila masih kosong (0.0.0.0) berarti belum terconnect lihat juga connection statusnya connecting.
  • Dan jika IP dan DNS sudah terisi dan status Connected seperti gambar dibawah ini berarti sudah terhubung dan bisa berinternet ria menggunakan Router ZTE F609 + Modem USB 3G/4G.
  • Langkah selanjutnya tinggal uji coba speedtest atau buka situs untuk cek koneksinya.
Berikut hasil speedtest internet murah rumahan menggunakan Router ZTE F609 V1 + ZTE MF825A



Daftar List Modem 3G/4G Support Router ZTE F609

Berikut ini admin akan list beberapa modem usb GSM 3G/4G yang support dan telah di coba di router ZTE F609, dan akan diupdate jika ada yang terbaru.
  1. ZTE MF825A (Dial Mode) Versi Unlock Jaringan 4G Semua Operator Frekuensi 900/2100/2300 Cat 3 dengan kecepatan Download UpTo 100Mbps. Ubah Dial Mode Tutorialnya Klik Disini.
  2. ZTE MF833V (Harus Debug Mode) Jaringan 4G Semua Operator support Frekuensi 1800 Cat 4 dengan kecepatan Download Upto 150Mbps. Cara Ubah Debug Mode Tutorialnya Disini.
  3. Huawei E3276s-920 (Mobile Partner) versi mobile partner ini hanya support 4G di frekuensi 2300 yang hanya bisa untuk Operator Telkomsel dan Smartfren.
  4. Huawei 353s-2 3G bisa Semua Operator
  5. lainnya akan ditambahkan.
Itulah Cara Setting Router ZTE F609 Koneksi Internet Dari Modem USB GSM 3G/4G yang bisa admin reload.id bagikan, semoga bermanfaat buat hal-hal yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel