2 Cara Mudah Install Telegram di ARMBian Linux HG680P

2 Cara Mudah Install Telegram di ARMBian Linux - reload.id | Di tahun 2023 ada yang belum tahu atau belum memakai aplikasi Telegram Messenger ? Telegram bagi admin reload.id sendiri adalah aplikasi yang wajib diinstall saat pertama kali install windows, linux, atau reset hp android. Dikarenakan telegram ini punya fitur save message yang menyimpan file2 penting yang di backup berupa file firmware modem, file apk android, tools unlock modem, dan beberapa file config yang sering digunakan.

Kali ini admin reload.id akan bagi tahu cara pasang telegram di ARMBian Linux. kebetulan sekarang lagi menggunakan armbian linux di device HG680P dengan firmware Armbian Linux 5.88 Ubuntu Bionic dari rureka. 

Sebagaimana telah disinggung diatas admin perlu aplikasi Telegram Messenger, Nah, untuk menginstall telegaram di Armbian Linux berikut 2 cara yang bisa dilakukan.

1. Install Telegram Web via Web Application di Browser Chromium.

Salah satu yang memang admin sukai dari telegram ini yaitu ketersediannya dalam beberapa platform dan device dan tersedia versi web yaitu web.telegram.org, yang mana dengan adanya fitur  web application di browser chromium sehingga telegram bisa dinstall dengan mudah. 

  • Jalankan browser chromium
  • ketik pada address bar : web.telegram.org
  • Pilih ikon Install Telegram Web yang tersedia di bagian pojok kanan address bar.

Maka akan muncul jendela web apps telegram seperti telegram biasanya. dan terdapat shortcut launcher di desktop, di start menu, dan bisa kita tambahkan ke menu startup agar otomatis kebuka ketika dinyalakan. 



satu hal yang unik dari telegram telegram web ini memiliki 3 varian yang bisa kita coba :
  1. https://web.telegram.org/z/ (Default)
  2. https://web.telegram.org/k/
  3. https://web.telegram.org/?legacy=1 (Old Version)

2. Install Telegram Desktop via Snap

Salah satu alternative lain untuk bisa memasang telegram pada Armbian yaitu dengan menginstall paket distribusi snap.

Snap adalah paket Linux universal yang memungkinkan Anda menginstal perangkat lunak pada distribusi Linux apa pun seolah-olah Anda menggunakan app store biasa seperti Apple App store punya iphone atau Google playstore di Android.

Langkah 1: Install Snapd

Buka terminal dan ketik

sudo apt update
sudo apt install snapd 



Ini akan menginstal snapd dan perintah "snap" yang memungkinkan Anda menginstal paket snap.

Langkah 2: Install Telegram Desktop




buka kembali terminal dan ketik 

sudo snap install telegram-desktop

untuk info lebih lanjut bisa kunjungi link berikut https://snapcraft.io/telegram-desktop.

itulah 2 Cara Mudah Install Telegram di ARMBian Linux HG680P yang kemaren sempat admin reload.id coba, dikarenakan telegram ini salah-satu aplikasi wajib di device admin, maka hanya sekedar mengarsipkanya untuk diakses kembali dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel